PARENTING RAMADHAN : DILUPAKAN


Oleh : Sabila Asysyahidah

Biasanya kalau Ramadhan, berupaya khatam Al Qur'an minimal sekali. Kalau dirinci, berarti tiap harinya bertarget selesai 1juz. Cukup meluangkan waktu 1 jam sehari insyaAllah tercapai target tersebut.
.
Tapi, baca selembar dua lembar, rasanya kayak udah baca banyaaak banget. Eh lirik jam ternyata baru beberapa menit aja🤣 kok rasanya target yang 'ringan' hanya sejam sehari itu jadi kerasa sulit yaaa😵
.
Ya tentu, buat orang yang ga biasa, duduk manis diam mengaji sejam memang susah. Jetlag. Kayak badan yang biasa rebahan disuruh fitness sejam, lha alamat pegel sebadan-badan.
.
Salah sendiri~ rajin mengajinya musiman. Ya alhamdulillah, masih inget target mengaji kala Ramadhan. Didukung suasana diem di rumah karena wabah, lumayan buat ngisi waktu ya. Padahal tahun-tahun lalu biasanya suka teralihkan sama bukber tempat kerja laah, bukber temen kuliah...temen sma, smp, sd, bukber tk pun ada! Target khataman, bubye!
.
Apalagi di luar Ramadhan. Tilawah seingetnya. Kadang berhari-hari ga tilawah. Alasannya? S.i.b.u.k. Kerjalah, sekolahlah, sibuk rebahanlah. Padahal kalau buat scrolling instagram, biasanya sampai tengah malem pun syangguuppp. Duh aku!
.
Kata ulama sih, jangan bilang kalau kita itu melupakan Al Qur'an, tapi kitalah yang dilupakan Al Qur'an. Karena kita yang melupakan Al Qur'an terdengar tidak beradab sekali!
.
Tapi ada benarnya! Kita harus akui, kitalah yang melupakan Al Qur'an. Kitalah yg 'sibuk'. Sedangkan Al Qur'an tak kemana-mana. Ia selalu ada, selalu setia terpajang di rak buku kita, menunggu kita untuk menyentuhnya, membacanya.
.
Rasanya memang kitalah yg tak beradab. Jangan menyalahkan Al Qur'an sebab ia tak pernah menjauhi kita. Kitalah yang terlalu sombong dan larut dalam dunia sehingga tak mau lagi membersamai Al Qur'an. Meski sebenarnya ia adalah teman sejati. Suatu saat, ketika bahkan tangan dan kaki kita akan bersaksi di hadapan-Nya membeberkan dosa-dosa kita, mungkin Al Qur'an lah yang bisa membela kita nanti.
.
Yook pedekate lagi sama Al Qur'an! Jadikan ia bestfriend kita, forever!

Posting Komentar

0 Komentar