Dasar-Dasar Agama Yang Di Bawa Para Nabi Adalah Sama

Oleh : Hasyim Suparno

Shalat adalah ibadah yang wajib bagi semua nabi dan orang mukmin, nabi-nabi yang sepanjang sejarah di utus oleh Allah kepada manusia untuk mengerjakan ibadah yang wajib ini, sementara itu mereka sendiri mengerjakannya dengan Istiqomah dan menjadi teladan yang harus di ikuti semua orang mukmin, dalam hal ini, shalat adalah merupakan pesan yang di sampaikan oleh nabi nabi Allah kepada masing-masing kaumnya.

Dalam kitab Al-Qur'an ada beberapa perintah Allah kepada para nabinya tentang menunaikan sholat , nilai penting yang di lekatkan pada waktu ibadah ini, ketaatan seksama para nabi, dan perintah mereka kepada kaumnya tentang perintah menegakkan ibadah sholat.

Lihat tentang nabi Ibrahim a.s. dalam QS Ibrahim, kisah nabi Musa a.s. juga kisah nabi Ismail a.s.  dalam ayat berikut ," Dan ceritakanlah (Muhammad), kisah kisah Ismail di dalam kitab Al-Qur'an. Dia benar-benar seorang yang benar janjinya, seorang Rosul dan nabi. Dan dia menyuruh keluarga nya untuk melaksanakan shalat dan menunaikan zakat dan dia seorang yang di ridhai di sisi Tuhannya" (QS Maryam, 19: 54-55)

Allah juga memerintahkan Maryam, yang di jadikan sebagai teladan dalam Al-Qur'an bagi semua perempuan di dunia, agar menegakkan shalat, " wahai Maryam  Taatilah tuhanmu, sujud dan rukulah bersama orang orang yang rukuk." ( QS Al Imran, 3: 43).

Nabi Isa a.s. yang di lukiskan sebagai firman Allah, dalam Al-Qur'an juga menerima perintah yang sama, sampai sampai nabi Muhammad Saw bersabda kepada kita semua jangan pernah tinggalkan shalat dan zakat, karena ibadah yang paling pertama di tanyakan oleh Allah adalah shalat, bukan sujud kepada harta, jabatan, artis dan dunia.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar