Menjaga Istiqomah Di Tengah Pandemi


Oleh : Kartika Septiani

Sudah sekitar tiga bulan, sejak bulan Maret lalu masuknya virus Covid-19 ke Indonesia. Penyebarannya pun sangat cepat, karena melalui kontak dari manusia ke manusia. Akibatnya physical distancing diberlakukan, dilarang berkerumun dan banyaknya kampanye di rumah aja. Sekolah, mall, hingga sebagian masjid ditutup.  Bahkan pada bulan ramadan, diintruksikan untuk solat tarawih di rumah bersama keluarga. Dilarangnya masyarakat membuat acara yang melibatkan banyak orang seperti walimah, syukuran, hingga majlis talim. 

Bagi sebagian orang kegiatan berkumpul untuk menimba ilmu di majlis talim sangat penting.  Kegiatan berkumpul bersama orang - orang yang berilmu dan soleh tentu akan membantu memperkokoh iman dan menambah ilmu pengetahuan Islam. Saling membantu dan saling mengingatkan dalam jamaah agar terus istiqomah dalam beribadah kepada Allah. Karena saat sendirian, terkadang rasa malas dalam beribadah itu ada, apalagi tidak adanya pengingat saat khilaf membuat kualitas iman bisa menurun, akibat paling fatal dapat berimbas pada melakukan kemaksiatan. Sehingga menjaga istiqomah disaat sendirian sangatlah sulit.  

 Allah Azza wa Jalla berfirman:
 فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ 

"Maka tetaplah kamu (pada jalan yang benar), sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah bertaubat bersama kamu. Dan janganlah kalian melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha melihat apa yang kalian kerjakan " [Hud/11: 112]

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma 
berkata:
 مَا نُزِّلَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ- آيَةً هِيَ أَشَدُّ وَلَا أَشَقُّ مِنْ هذِهِ الآيَةِ عَلَيْهِ، وَلِذلِكَ قَالَ لِأَصْحَابِه حِيْنَ قَالُوْا لَه: لَقَدْ أَسْرَعَ إِلَيْكَ الشَّيْبُ! فَقَالَ : شَيَّبَتْنِيْ هُوْدٌ وَأَخْوَاتُهَا

"Tidaklah ada satu ayat pun yang diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang lebih berat dan lebih susah daripada ayat ini. Oleh karena itu, ketika beliau ditanya, ‘Betapa cepat engkau beruban’, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Sahabatnya, ‘Yang telah membuatku beruban adalah surat Hud dan surat-surat semisalnya "

Karena tetap harus menjaga  keistiqomahan di tengah pandemi yang ada, kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.  Tersedianya banyak aplikasi yang memudahkan kegiatan menuntut ilmu meski di rumah aja.  Seperti mengikuti kajian online via chat, sampai kajian online via video conference sehingga bisa tetap berkumpul dalam jamaah. Membaca tulisan sampai menonton video islami di internet, membaca buku islami yang juga bisa meningkatkan keimanan dan pengetahuan islam disaat sendiri. Tidak kalah penting adalah dengan terus mengaitkan Allah disegala aktivitas, memperbanyak ibadah sunnah tanpa meninggalkan yang wajib, membaca al-qur'an, dan lain-lain. Jika berbagai usaha sudah dilakukan, istiqomah di tengah pandemi dapat diraih.  Wallahu a'lam.

Posting Komentar

0 Komentar