Antara Katedral Hagia Shofia dan Masjid Cordova

By : Hafidhah Silmi

Jika orang orang non muslim tidak rela dan mau menggugat karena Hagia Shofia difungsikan kembali sebagai Masjid, dengan alasan karena dulu, Hagia Shofia adalah Katedral Romawi Timur. Bagaimana jika kaum muslimin juga menggugat Masjid Cordova Spanyol karena Masjid Cordova sejak keruntuhan Andalusia hingga sekarang dirubah fungsinya sebagai gereja.

How?

Andai orang orang kafir itu tau. Justru kedatangan Islam lah yang menyelamatkan Romawi Timur dari aksi vandalism pasukan salib. Bongkahan emas, perak dan permata yang menjadi ormanen Hagia Shofia dijarah habis habisan oleh Ksatria Templar untuk mendanai perang salib.

Sejak Romawi Timur dibawah kekuasaan Islam, Sultan Al fatih mengumumkan bahwa Hagia Shofia adalah aset pribadinya. Yang keperuntukannya digunakan sebagai masjid yang terbuka untuk umum.

Kok bisa jadi aset pribadi sultan ?
Begini ceritanya..
Ketika sebuah wilayah difutuhat, maka status tanah tersebut adalah tanah Khorojiyah karena didapat oleh kaum muslimin melalui peperangan. Sang pembebaslah yang berhak atas tanah tersebut termasuk apa yang ada di atasnya. Saat itu, pagi hari setelah perang berakhir, Sultan Al Fatih langsung memerintahkan untuk menjadikan Hagia Shofia sebagai Masjid.

Selain itu, ketika Romawi Timur (Konstantine) sdh dibebaskan, Banyak penduduknya yg berbondong bondong masuk Islam karena melihat dan merasakan sendiri bagaimana indah dan sejahteranya hidup dalam naungan Islam. Mereka masuk Islam TANPA PAKSAAN.

Lalu, ketika mayoritas nasrani masuk Islam, otomatis banyak gereja yang sudah tidak digunakan lagi. Karena sudah berkurang jamaahnya atau bahkan sudah tidak ada jamaahnya. Dan sebenarnya, tidak hanya Katedral Hagia Shofia yang dialih fungsikan menjadi Masjid. Tapi, ada banyak gereja yg juga dialih fungsikan sebagai Masjid.

Berbeda dengan sejarah Cordova. Raja ferdinand dari kerajaan Castille dan Ratu Isabela mengambil paksa kepemilikan Masjid Cordova. Kaum Muslimin dilarang mengerjakan Sholat di Masjid Masjid. Selama masa transisi dr kekuasaan bani nasyriyah ke kerajaan kristen, Banyak masjid dirubuhkan. Atau diganti fungsinya menjadi gereja. Kaum muslimin dipaksa untuk masuk ke dalam agama Kristen, diusir keluar dari andalus, bahkan ada dibunuh.

Sebenarnya tidak hanya Cordova. Tapi Masjid Agung Toledo, Masjid Agung Sevilla juga dirubah fungsinya menjadi gereja. Bahkan sampai sekarang. Namun, dunia bungkam. Tidak ada yang protes. Giliran Hagia Shofia difungsikan kembali sebagai masjid, masyarakat dunia ramai ramai menghujat.
Kalian tidak adil....

Posting Komentar

0 Komentar