Kematian Dan Hidup Setelah Mati

Oleh : Hasyim Suparno

Ada orang yang menganggap bahwa kematian adalah akhir dari segalanya. Padahal, kematian hanyalah jembatan antara kehidupan di dunia dengan kehidupan di akhirat. Kematian seolah olah pintu gerbang kehidupan setelah mati.

Di seberang pintu gerbang ini, yaitu kehidupan di akhirat, kita akan memasuki surga atau neraka tergantung pada iman kita yang murni pada keesaan Allah dan Ridha Allah atas amal perbuatan kita selama di dunia.

Kematian hanyalah akhir dari suatu jangka waktu. Kematian sama dengan membunyikan bel di sekolah, yang menandai berakhirnya ujian. Kita di beri jangka waktu oleh Allah yang berbeda untuk menguji setiap manusia. Ada yang di beri waktu tiga puluh tahun, ada pula yang menikmati hidup selama seratus tahun, seperti halnya Allah memutuskan tanggal lahir kita, yang merupakan awal ujian kita, Allah memutuskan pula waktu berakhirnya jangka waktu tersebut. Dengan kata lain, hanya Allah yang tahu pada umur berapa kalian akan meninggal.


Bagaimana seharusnya kita memikirkan kematian ??

Kematian yaitu berakhirnya masa ujian kita di dunia ini, adalah sumber kebahagiaan dan kenikmatan bagi orang yang beriman. Orang beriman mengetahui bahwa kematian pasti bukanlah perpisahan abadi, dan bahwa seseorang yang meninggal hanya sekadar menyelesaikan masa ujian di dunia. Dia tahu bahwa di akhirat, Allah akan mengumpulkan kaum muslimin yang hidup menurut perintah nya dan memberi mereka balasan syurga.

Kesimpulan nya, kematian bukanlah akhir, melainkan sebuah gerbang yang mengantarkan kita menuju akhirat. Kehidupan di akhirat adalah kehidupan yang sesungguhnya yang akan abadi, dan kita perlu bersiap siap untuk itu.

Dalam dunia ini, tujuan terpenting manusia haruslah untuk mencintai Allah dan mendapatkan Ridha nya. Hal ini karena Allah maha penyayang, mencintai kita dan melindungi kita di segala waktu. Salah satu ayat Alqur'an yang menyebutkan perkataan salah seorang nabi, berbunyi " Tuhanku adalah pelindung segalanya." (QS Hud, 11:57)

Posting Komentar

0 Komentar