Mengapa Harus Islam ?

Oleh: Rahma Aliifah

Islam adalah agama yang sempurna dan menyeluruh, yang diturunkan oleh Allah Swt. untuk mengatur kehidupan umat manusia. Hanya Islamlah yang benar dan hanya Islamlah yang di ridhoi oleh Allah Swt.

Sebagai mana Firman Allah :

Sesungguhnya agama yang di ridhoi disisi Allah hanya Islam" ( QS. Ali Imran ayat 9 ).

Islam juga merupakan suatu pola hidup atau sistem yang khas berbeda dengan pola hidup lainnya. Sebab, Islam tegak diatas pandangan yang khas terhadap alam, manusia, dan kehidupan yaitu bahwa semuanya adalah ciptaan Allah Swt. 

Mengapa sih harus Islam yang kita pakai, setiap kehidupan manusia tidak terlepas dari aturan-aturan Islam baik dari bermualah, ekonomi, pendidikan, pergaulan, pakaian maupun politik. Oleh karena itu aturan Islam akan tetap sekalipun bentuk kehidupan masyarakatnya berubah. Aturan yang datangnya dari Allah akan menjamin ketentraman dan kebahagian manusia. Karena aturan tersebut datang dari zat yang menciptakan manusia yaitu sang khaliq.

Jika aturan Islam ditegakkan dimuka bumi ini, dipastikan ketentraman umat manusia dimuka bumi ini akan terjaga. Sebaliknya jika aturan Islam tidak tegak dimuka bumi ini, kekacauanlah yang justru akan terjadi.  Seperti rezim yang sekarang sedang kita hadapi, rakyat sedang kesulitan atas wabah yang melanda, tidak ada pertolongan kecuali memohon pertolongan kepada Allah Swt yang maha tahu. Saat ini aturan manusia yang mereka pakai maka aturan itu akan menimbulkan kekacauan dan perdebatan dikalangan umat manusia. 

Ketika seorang muslim yang sudah bersaksi “ Tiada Tuhan selain Allah Muhammad Utusan Allah “ maka ia harus tunduk dan patuh pada apa saja yang diturunkan Allah Swt dan risalah yang disampaikan oleh Rasul-Nya. Dengan kata lain, persaksian ( Syahadat ) mengharuskan dirinya untuk senantiasa mengikat segala amal perbuatannya dengan perintah dan larangan-Nya, sebagai mana firman Allah Swt :

Siapa saja yang tidak memutuskan hukum menurut apa yang diturunkan Allah, mereka itu adalah orang-orang kafir" (QS al-Maidah ayat 44).

Dengan diutusnya Muhammad saw. sebagai nabi terakhir untuk seluruh manusia, berarti Allah telah menyempurnakan Islam sebagai satu-satunya aturan yang khas, lengkap dan menyeluruh yang dapat menjamin keselamatan hidup dan kebahagiaan manusia didunia dan akherat. 

Demikianlah kesempurnaan aturan Islam yang dibawa oleh Muhammad saw. untuk seluruh umat manusia hingga akhir zaman, tanpa memihak salah satunya seraya mengabaikan yang lainnya. Sebagai sebuah aturan yang terpadu. Islam mengatur seluruh aspek kehidupan yang akan menjamin terwujudnya ketentraman umat manusia, karena Islam sesuai dengan fitrahnya manusia  dan memuaskan akal serta tidak membedakan jenis kelamin manusia. Baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki hak dan kewajiban yang telah diatur secara rinci dalam hukum-hukum syariat. Dari sudut pandang ini tidak ada yang di istimewakan satu jenis manusia atas jenis manusia lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar