Pentingnya Belajar Sejarah

Oleh : Rahma Aliifah

Kita ketahui bagaimana ketika umar menjadi kholifah saat menyaksikan penderitaan orang-orang Yahudi, dan bagaimana jaminan kholifah terhadap Yahudi ini sekaligus menunjukkan kepada kita betapa pentingnya dan adilnya sistem islam ketika diterapkan menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Islam menjadi kebaikkan atau menjadi rahmatan lilalamin bagi  seluruh umat manusia bukan hanya Islam tapi juga untuk non muslim. 

Umar bin khatab ketika itu menjelaskan bagaimana wajah islam yang sesungguhnya, dengan begitu ketika kita ketahui betapa pentingnya pelajaran sejarah, jangan sampai umat ini kehilangan obor karena mereka tidak mempelajari sejarah.

Allâh Azza wa Jalla berfirman : 

"Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman [Yusuf/12:111]

Sejarah itu bukan cerita di masa lalu, tapi sejarah adalah fakta yang pernah terjadi di masa lalu. Ketika orang  belajar sejarah dianggap belajar dongeng atau cerita, itu pemikiran yang salah. karena sejarah itu fakta yang terjadi pada jamannya. Kemudian kita pelajari kembali sebagai satu fakta yang pernah terjadi. Bahkan Al quran sendiri banyak menceritakan kisah-kisah umat dan nabi terdahulu, itu juga bagian dari sejarah. 

Coba bayangkan apabila nabi Muhammad dahulu tidak pernah mendapatkan pelajaran sejarah dari Allah dalam Al quran maka tentu nabi Muhammad tidak pernah mengetahui karakter orang Yahudi dan nasrani.

Sementara warga Madinah sangat introgen pada saat itu. Jadi Rosul taunya dari mana, bahwa orang Yahudi itu penghianat jika bukan dari Al quran. Karena Al quran menceritakan sifat mereka kemudian menceritakan sejarah mereka bagaimana nabi musa ketika itu. 

Maka itulah betapa pentingnya sejarah. Jangan sampai kita beranggapan bahwa sejarah itu tidak penting, justru sejarah menjadi spirit apalagi ketika kita melihat realitas kehidupan hari ini dimana bisa dikatakan bahwa umat Islam sedang mengalami situasi yang sulit. Maka  sejarah itu bisa menjadi inspirasi dengan belajar sejarah akhirnya umat Islam menjadi tahu apa yang harus mereka lakukan.

Jadi salah besar apabila anak-anak kita tidak diajari sejarah sejak dini dengan beranggapan bahwa itu ilmu hafalan, maka itu salah persepektif yang bertentangan. Adapun yang ingin menghapus mata pelajaran sejarah dan banyak tokoh yang menyuarakan ini untuk menghapus identitas sebenarnya dan dalam hal ini ada upaya sistematis untuk menghilangkan Indonesia. Pastinya bukan Islam yang akan menghilangkan itu semua. Namun selama ini yang tertuduh adalah orang Islam. Nah inilah yang harus kita waspadai.

Yuk  sekarang kita pelajari sejarah atau sirah agar kita bangga menjadi seorang muslim dan kita yakin bahwa kita ini umat terbaik. Kesempurnaan Islam dalam memberikan jaminan kepada warga negara baik muslim maupun non muslim. Lalu apa jaminan itu yaitu nyawa dan jiwa. Menjaga nyawa yaitu kemaslahatan vital ketika Islam diterapkan. Begitulah Islam ketika menjaga jiwa, harta serta agamanya,  tidak ada ceritanya di Islam orang non muslim sering diprofokasi dan di ujuk-ujuk untuk masuk Islam.

Ada salah satu riwayat ketika seorang panglima bernama Kutaibah menaklukkan satu wilayah, wilayah itu wilayah kristen lalu kemudian kutaibah ini tidak melakukan dakwah dulu. Padahal ketika ingin menaklukkan wilayah peraturannya harus didakwahi dulu, ternyata beliau lupa belum mendakwahi. Lalu hakim berkata: "Kamu jangan memerangi mereka sehingga kamu dakwahi dulu"

Wong ini belum didakwahi sudah diperangi, maka proteslah rakyat kristen yang mengerti hal ini bahwa penaklukan itu salah,  lalu apa yang terjadi maka dilaporkan kepada hakim, kemudian hakim memerintahkan pasukan itu mundur, mengapa bisa demikian, begitulah Islam dalam menghormati agama lain.

Inilah peradaban Islam, tidak ada peradaban yang baik dibandingkan peradaban Islam, bila selalu ada saja yang nyinyir tentang peradaban Islam maka baca sejarah inilah pentingnya belajar sejarah . Inilah kewajiban kita menyampaikan Islam yang sesunggunya,  ini akan menjadi hujah dihadapan Allah bahwa kita sudah mendakwahkan Islam.Wallahualam Bisawab

Posting Komentar

0 Komentar