Self Love

Oleh : Fatimah

.

Benar kata orang  belajar itu bukan hanya sekedar untuk kerja, belajar mestinya mengubah pola pikir untuk sadar agar tau arah tujuan hidup. 

.

Banyak kejadian yang ada di depan mata saya dan kegalauan yang terjadi pada sahabat-sahabat saya  yang mengalir deras di masa sekarang sampai lupa  mengaca  benak pikiran

.

Hidup kita kebanyakan mengikuti  omongan orang lain ketimbang meningkatkan diri, hidup selalu diatur oleh lingkungan sehingga akal dan mental mudah di pengaruhi.

.

Dari lingkungan tersebut Kebanyakan  dari kita mudah insecure  terhadap segala macam sehingga kita tidak percaya diri terhadap kelebihan yang di miliki, orang yang insecure selalu melihat diri dengan kaca mata negatif atau mudah dipengaruhi oleh berbagai macam hal-hal negatif tersebut.

.

Dia selalu merasa cemas dimanapun dia berada dan selalu menganalisis dirinya dengan hal buruk, penyebab insecure ini ada beberapa faktor:

.

Faktor pertama keluarga yang tidak memahami spikologi anak dan kemauannya dan orang tua selalu menuntut sesuatu hal yang diluar kemampuan anak padahal manusia harus mengikuti skenario tuhan bukan mengitu apa yang ada di depan mata saja, orang tua yang baik akan mengajarkan anaknya untuk melakukan yang terbaik dan meyakinkan bahwa  hal-hal negatif jangan terlalu dipikirkan.

.

Faktor yang kedua standar hidup masyarakat, misal kita belum bisa memenuhi yang di inginkan masyarakat sehingga muncullah rasa insecure tadi yang dapat mempengaruhi  diri dalam segala hal.

.

Faktor yang ketiga kita suka membandingkan diri kita dengan orang lain seperti sahabat kita yang sudah mendapatkan pekerjaan, mendapatkan rumah,  mendapat jodoh dan lain-lainnya lalu kita membandingkan  diri kita seolah-olah kita gagal gitu jadi manusia.

.

Faktor keempat yang datang dari dalam diri seolah segala sesuatu yang kita miliki tak ternilai atau tak ada gunanya sebagai manusia karena melihat faktor eksternal lebih wow ketimbang faktor internal.

.

Ketika rasa insecure itu selalu di dewakan oleh manusia akan melahirkan keterpurukan  maka harus kita rubah dengan menghadirkan  metakognitif supaya memperbaiki insecure tadi .

.

Orang yang insecure susah untuk bersosial dengan orang baru dan selau tidak percaya diri yang ada dipikirkannya hanya hal negarif.

.

Cara mengatasi insecure harus memahami diri dengan terus belajar atau memyadarkan diri ketika  pikiran negatif muncul lalu hadirikan hal positif agar memperbaikinya karena kita harus tau diri kita sangat berharga dari pada apapun,  untuk menghargai diri tentu dengan perjuangan memperbaikinya.

Posting Komentar

0 Komentar