Bangkitnya Umat dengan Meneladani Rasulullah saw


Oleh : Mira ummu Abdan (Ibu rumah Tangga-Denpasar Bali)

Islam agama yang sempurna yang diturunkan Allah SWT. kepada Nabi Muhammad Rasulullah saw.untuk disebarkan kepada seluruh alam sebagaimana dalam firman Allah surat al-Anbiya' ayat 107: “Dan kami tidak mengutus kamu (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam."

Dalam ayat tersebut jelas bahwa  Rasulullah saw. diutus tidak hanya kepada manusia atau khususnya untuk umat Islam saja melainkan untuk alam semesta beserta isinya. Adanya Al Qur'an sebagai sumber pertama yang menjelaskan kehidupan seluruhnya. Penciptaan alam semesta beserta manusia bahkan dimasa yang akan datang. Islam dengan syariat(aturan) ketika diterapkan akan memberikan rahmat(kebaikan) kepada seluruh alam dan bahkan manusia secara keseluruhan tanpa memandang latar belakang mereka. 

Namun ironis terjadi tatkala Islam tidak lagi pandang sebagai syariat yang sempurna bagi sebagian pemeluknya. Bahkan menjadi sasaran narasi yang negatif bahkan monsterisasi terhadap sebagian ajaran Islam disebabkan oleh serangan 'jahat'dari kalangan munafik dan kafirun. Islam selalu dianggap berbahaya dengan kejadian dimasa Sayyidina Ali ra.tentamg kaum khawarij yang jelas- jelas mereka dalam sejarahnya memang sudah menyimpang dari ajaran Islam. Rasulullah saw dan dimasa kehidupan para sahabat tidaklah demikian jusrtu diawal-awal dakwah mereka senantiasa dimusuhi padahal mereka hanya berdakwah. Tidak pernah melakukan balasan melainkan dengan kebaikan.

Hari ini pun demikian tatkalah ada sebagian kaum muslimin ingin menerapkan syariat Islam dengan kaffah dengan institusi sesuai contoh Nabi saw. yaitu khilafah. Akan tetapi mereka merasa terancam, seolah khilafah itu horor atau dark age. Padahal kalo jujur dengan sejarah kejadian perang salib dan terjadinya penjahan di Andalusia atau Spanyol adalah penjajahan yang menyeramkan. Tapi tidak pernah diangkat. Justru ketika ada yang akan menegakkannya agar terwujud islam rahmat bagi seluruh alam. Dengan nyaringnya mereka menarasikan ketakutan-ketakutan yang penuh dengan dusta.

Umat harus bangkit dalam pemikiran dan amaliah mereka dalam seluruh aspek kehidupan yang menjadi rujukannya adalah Rasulullah saw. Secara utuh dan sempurna. Tidak meneladaninya hanya pada aspek akhlak ataupun sebatas nilai saja. Seharusnya pada aspek publik baik ekonomi,politik dan sebagainya. Meskipun berbeda zaman dan sarana-sarana kehidupan dengan Rasul akan tetapi tidak berarti keteladanan beliau tidak relevan lagi. Justru beliau senantiasa relevan dalam segala zaman. Maknanya, umat Muslim dulu bisa menjadi baik dan bangkit dengan Islam..Kunci kebangkitan yang dibawa Rasulullah saw. pada umat manusia adalah membebaskan mereka dari penghambaan sesama menuju penghambaan hanya pada Allah SWT.

Umat Islam harus kembali ke ajaran Rasulullah saw.yaitu Islam kaffah, Islam yang sempurna dari aqidah, Ibadah, Akhlak, muamalah dan aqubat(sanksi). Islam bukan sabatas agama spiritual akan tetapi agama siyasih(aspek politik). Bukan hanya mengatur ibadah mahdah tapi juga ibadah umum. Karena jelas perintah Allah agar kaum muslimin harus berislam kaffah sebagaimana dalam Al Qur'an. 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah: 208)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Allah ta’ala berfirman menyeru para hamba-Nya yang beriman kepada-Nya serta membenarkan rasul-Nya untuk mengambil seluruh ajaran dan syari’at; melaksanakan seluruh perintah dan meninggalkan seluruh larangan sesuai kemampuan mereka.” (Tafsir Ibn Katsir 1/335).Sumber: https://muslim.or.id/2067.

Oleh karena itu dalam meneladani Rasulullah agar bangkit dari keterpurukan atau keterbelakangan dalam segala aspek publik yaitu : 
1. Perubahan dalam.pemikiran yang sesuai dengan Islam.
2. Penerapan Islam kaffah dengan sistem Islam yaitu sistem khilafah Islam
3. Senantiasa menjaga kepribadian Islam dan akhlak Islam.
4. Mendakwahkan ajaran Islam kaffah dari aqidah hingga sistem Islam yaitu khilafah.
5. Berjuang bersama -sama ummat dalam meneggakkan dan menerapkan Islam dengan sempurna dan menyeluruh baik individu, jamaah dan negara.

Oleh karena itu dibulan rabiul awal bulan kelahiran Rasulullah sudah seharusnya kita meneladaninya dengan sempurna dan menyeluruh agar umat Islam dapat bangkit dan kembali kepada kehidupan Islam atau melanjutkan kehidupan Islam. 

Allahu 'Allam Bishowwab.




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar