KHUTBAH JUM'AT : MERAIH BUAH RAMADHAN


KHUTBAH PERTAMA

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا
مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,
أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.
 وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.
 اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،
 أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى  
أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

  قَالَ ٱهْبِطَا مِنْهَا جَمِيعًۢابَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّۭ ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّى هُدًۭى فَمَنِ ٱتَّبَعَ هُدَاىَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقَىٰ
 (QS Taha [20]: 123).

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala, Tuhan semesta alam, yang karunianya tak terhitungkan. Yang memberi kita kesempatan ibadah di bulan Ramadhan. Shalawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan oleh Allah kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman.

Marilah kita terus berusaha meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa taala, dengan melaksanakan seluruh perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Mudah-mudahan kita menjadi hamba-Nya yang mendapatkan derajat yang tinggi di sisi-Nya.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Ramadhan beberapa hari lagi akan meninggalkan kita. Kita patut bersedih karenanya. Sebab, segala keistimewaan tak ada lagi. Amal kebaikan yang dilipatgandakan, kembali normal. Setan-setan kembali berkeliaran. Pintu-pintu neraka kembali dibuka. Dan, pahala amal kita diganjar oleh Allah seperti biasa, tak sama dengan amal di bulan mulia, Ramadhan. Karena itu, mumpung Ramadhan masih ada, mari berlomba beramal shalih dan mendekat kepada Allah subhanahu wa taala dengan taat kepada-Nya dengan sepenuh jiwa.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Mari kita renungkan dan muhasabah diri, adakah Ramadhan ini telah mengubah sikap kita kepada syariah Allah? Menjadi lebih  takwa? Ataukah kita bersiap-siap kembali menjadi pribadi yang sama layaknya sebelum Ramadhan? 

Bila kita menjadi pribadi yang lebih taat, lebih bertakwa, itu berarti Ramadhan kita berhasil. Karena buah Ramadhan adalah ketakwaan, yakni ketaatan total kepada Allah. Dan momentum Idul Fitri nanti adalah momentum kelahiran manusia baru. Manusia beriman, yang lebih taat dibanding sebelumnya, setelah ditempa di kawah candradimuka Ramadhan selama sebulan.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam QS. Al-Baqarah 183:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Kata taqwa berasal dari kata waqâ, yang berarti melindungi. Yaitu, untuk melindungi diri dari murka dan azab Allah subhanahu wa ta’ala. Caranya dengan menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala dan menjauhi segala larangan-Nya. Itulah pengertian taqwa. 

Takwa adalah raihan tertinggi Ramadhan.  Dan ketakwaan inilah yang menentukan derajat kita di sisi Allah.
إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ
Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu (TQS al-Hujurat [49]: 13). 

Bukankah ketakwaan ini yang akan kita bawa mati? Lalu mengapa masih banyak orang yang enggan bertakwa? Terus berkubang dalam kemaksiatan. Ingkar terhadap syariat-Nya. Memusuhi orang-orang yang mendakwahkan Islam. Menentang hukum-hukum Allah. Meletakkan ayat kitab suci di bawah ayat konstitusi. Menganggap hukum manusia lebih baik dari hukum-hukum Allah.  Dan menganggap Allah dan Rasul-Nya seperti tidak ada. Itu semua jelas bukan karakter yang dibentuk oleh Ramadhan.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah, 
Usai Ramadhan adalah saat yang tepat bagi kita untuk bangkit. Pandemi hampir dua tahun lamanya, telah menempa kita sadar akan posisi kita sebagai hamba. Yang mesti, harus, dan tak ada pilihan lain, kecuali taat kepada Allah dan Rasul-Nya. 

Kesadaran spiritual inilah yang seharusnya membangkitkan energi penghambaan dan ketaatan kepada Allah subhanahu wa taala. Energi untuk makin meningkatkan ibadah kepada Allah subhanahu wa taala dalam arti yang seluas-luasnya. Berupa ketundukan dan kepatuhan menjalankan dan menerapkan hukum-hukum dan syariah-Nya secara total di muka bumi.  

Energi yang harus menumbuhkan kesadaran dan keberanian untuk meluruskan segala hal yang salah. Keberanian untuk melakukan perbaikan atas berbagai kerusakan (fasad) yang ada. Keberanian mengakhiri dan meninggalkan sistem rusak buatan manusia. Yakni ideologi dan sistem sekularisme-kapitalisme. Lalu mengganti sistem rusak itu dengan ideologi dan sistem yang benar, yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa taala dan dibawa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Itulah ideologi dan sistem Islam. 

Hanya dengan penerapan akidah dan syariah Islam di seluruh aspek kehidupan; ekonomi, sosial, politik, pemerintahan, hukum, peradilan, dan lain-lain, dunia akan mendapatkan keberkahan. Inilah wujud ketundukan dan ketaatan hakiki, seorang muttaqin.   

Bila ketakwaan itu terwujud, Allah jamin datangkan keberkahan itu.  
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Andai penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan membukakan untuk mereka keberkahan dari langit dan bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) sehingga Kami menyiksa mereka sebagai akibat dari apa yang mereka perbuat (TQS al-A’raf [7]: 96). 

Akhirnya, mari jaga ketaatan kita kepada Allah. Raih buah Ramadhan. Dan mari perjuangkan agar syariah Allah tegak di muka bumi. Buat Rasulullah bangga dengan kita, umatnya yang selalu berharap syafaatnya.
[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم




KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
 عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar