Bahaya Barnum Effect


Oleh : Afifah.R

Pernah gak? Melihat link test tentang kepribadian di media sosial atau membaca tulisan yang mendeskripsikan sifat seseorang. Semisal zodiak, golongan darah atau bentuk fisik seperti garis di telapak tangan, letak tahi lalat dan bentuk bentuk lainnya. Katanya, hasil dari test tersebut menunjukkan bagaimana kita, pola sikap kita dan sebagainya. Bahkan, notabene hasil atau pernyataan dari zodiak, goldar serta test test tersebut sesuai dengan diri kita, menjadi realate dengan kehidupan kita sehingga membuat self diagnose (justifikasi terhadap diri sendiri)

Nah, hal yang demikian disebut dengan barnum effect. Barnum effect adalah suatu fenomena dimana kita cenderung untuk menerima suatu informasi yang general, sebagai kebenaran dalam diri kita. Padahal,  bisa jadi informasi yang diterima belum tentu akurat dan hasil hasil yang ditampilkan malah sesuai juga dengan semua orang, jadi terdengar umum. 
         
Ini disebabkan dari pola pikir yang salah menjadi salah arah, karena informasi yang didapat tidak difilter akan berakibat fatal bagi seseorang. Barnum effect menjadikan seseorang bisa mengklaim dirinya dan membatasi diri sehingga tidak menerima nasehat orang lain, ia akan menyangkal kesalahan didalam dirinya dengan dalih self love. Bahayakan sob, jika ini dibiarkan, maka ia akan stagnan dengan kehidupannya dan cenderung egois serta sombong dengan menolak kebenaran.
           
Lalu, bagaimana jika kita ingin mengenal pribadi kita? Guys, justru kita musti paham akan diri sendiri. Asalkan, ada batasan agar tidak salah kaprah dalam pengenalan kepribadian, bukan diambil dari info yang berseliweran dari sumber data tidak valid. 
          
Maka, yang dibutuhkan adalah sebuah aturan. Dan Islam mempunyai aturannya, bahwa standar yang dipakai untuk mengenal diri sendiri itu memakai standar yang ditetapkan Allah, karena Allah Maha Mengetahui Segala Sesuatu termasuk mengetahui Hamba Nya, bukan dari pandangan manusia ya guys ...
           
Dalam QS. Al Hujurat:13 Allah berfirman 
يٰۤاَ يُّهَا النَّا سُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ لِتَعَا رَفُوْا ۗ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَ تْقٰٮكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti."
            
Bisa disimpulkan, bahwa darimanapun kamu, apapun warna kulitmu, bisa juga jenis apapun golongan darahmu dan berapapun tanggal lahir kamu, yang wajib dilakukan adalah ibadah. Karena ibadah adalah nilai yang dipandang oleh Allah. Jadi, kita gak perlu menetapkan zodiak atau goldar sebagai dasar  untuk melakukan kebaikan, semua orangpun kudu melakukan amal baik. 

Nah, cara untuk mengenal pribadi kita dengan baik untuk menjadi orang yang bertakwa yaitu dengan mengkaji islam dengan dalam, dengan itu kita akan semakin mencintai diri kita. Sebab, sebaik baik self love adalah menjauhkan diri dari api neraka. Wallahu 'alam 

Sumber: Muslimah Medis Center 



Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar