KHUTBAH JUM'AT : MENJADI MUSLIM TAAT, BUKAN RADIKAL ATAU MODERAT


KHUTBAH PERTAMA

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.
 وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.
 اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى  
وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا لِّتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ عَلَيْكُمْ شَهِيْدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِيْ كُنْتَ عَلَيْهَآ اِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَّتَّبِعُ الرَّسُوْلَ مِمَّنْ يَّنْقَلِبُ عَلٰى عَقِبَيْهِۗ وَاِنْ كَانَتْ لَكَبِيْرَةً اِلَّا عَلَى الَّذِيْنَ هَدَى اللّٰهُ ۗوَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُضِيْعَ اِيْمَانَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ‏
(QS al-Baqarah [2]: 143)


Alhamdulillah, segala kekuasaan hanya milik Allah. Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Dialah yang Maha Tahu atas seluruh makhluk-Nya, termasuk manusia. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah. Sungguh, inilah perintah Allah kepada orang-orang yang beriman, untuk taat dan patuh kepada syariah Allah, dan meninggalkan larangan-Nya. Hanya dengan takwa, kita akan mendapatkan derajat yang tinggi di sisi-Nya.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah, 
Allah subhanahu wa taala berfirman:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ‏
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara total, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh setan itu musuh kalian yang nyata.
(TQS al-Baqarah [2]: 208).

Syaikh Prof  Wahbah az-Zuhaili dalam tafsirnya Al-Wajiz  menjelaskan:  Wahai orang-orang yang beriman, masuklah Islam dengan sepenuhnya bukan setengah-setengah, atau masuklah Islam, kerjakanlah seluruh hukum-hukumnya, janganlah berbuat munafik, waspadailah bisikan setan, dan jangan taati apa yang dia perintahkan kepada kalian, karena sesungguhnya dia itu musuh yang nyata bagi kalian.

Ayat ini sangat penting kita perhatikan, di tengah upaya keras orang-orang kafir agar kita mau meninggalkan ajaran agama kita.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Ingatlah, saat ini sedang berlangsung upaya meng-arus-utamakan moderasi beragama. Tidak hanya di negeri ini, tapi ini adalah gerakan global, yang disponsori Barat khususnya diarahkan ke negeri-negeri Muslim.

Berbagai konferensi digelar, termasuk yang beberapa hari ini berlangsung di Bali, yang dihadiri para utusan dari negara Asean dan Saudi. Mereka membahas implementasi moderasi beragama, dalam rangka melawan apa yang mereka sebut sebagai paham radikalisme dan menciptakan kerukunan. 

Ketahuilah, istilah moderasi beragama, radikalisme, ekstremisme dan intoleransi, tidak pernah ada dalam khazanah pemikiran Islam. Kalaupun ada, istilah-istilah itu hanya merupakan hasil dari pemelintiran dalil-dalil Al-Quran dan as-Sunnah oleh para penggunanya.

Inilah yang dinamakan perang istilah (harb al-musthalahaat). Tujuannya sangat jelas: 
Pertama: Mengkriminalisasi sejumlah ajaran Islam dan istilahnya seperti jihad, khilafah, qishaash, poligami, jilbab, cadar, dan sebagainya. Agar umat takut terhadap ajaran agamanya sendiri.

Kedua: Mengacaukan istilah-istilah dalam ajaran Islam, lalu mereka campur dengan pemikiran Barat agar umat kebingungan. Misalnya, Barat merancukan istilah demokrasi dengan musyawarah; istilah khilafah dengan sebutan kerajaan atau kediktatoran; dan lain-lain. 

Ketiga: Membuat istilah-istilah baru agar umat berpaling dari ajaran Islam. Istilah kafir, misalnya, diganti dengan istilah muwathin (warga negara). Memunculkan istilah ukhuwah wathaniyyah, ukhuwah insaniyyah, juga wasathiyah. Sebaliknya, mereka menciptakan istilah yang mereka jadikan sasaran kebencian seperti istilah Islam radikal dan Islam ekstremis sebagai antitesisnya.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Ketahuilah, istilah wasathiyah misalnya, dicomot dari kata wasath[an]. Padahal kata itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan sikap moderat atau moderasi agama yang dikampanyekan sekarang ini. 

Para ulama, seperti Imam ath-Thabari, saat menafsirkan frasa ummat[an] wasath[an] dalam QS al-Baqarah ayat 143, dengan menukil 13 riwayat, menunjukkan bahwa kata al-wasath bermakna adil (al-adlu). 

Adil adalah sifat yang melekat pada kaum Muslim yang taat kepada Allah subhanahu wa taala. Lawannya adalah fasiq atau zalim, yakni mereka yang menyimpang dari ketaatan kepada Allah subhanahu wa taala. Selain bermakna adil, menurut Mahmud Syaltut, ummat[an] wasath[an] juga berarti umat pilihan (Mahmud Syaltut, Tafsîr al-Qurân al-Karîm, halaman 7). 

Maka jelas, istilah moderasi agama tidak berakar dari Islam atau dari al-Quran dan as-Sunnah. Istilah moderasi beragama datang dari Barat. Salah satunya berasal dari sebuah buku yang dikeluarkan oleh Rand Corporation tahun 2007 yang berjudul Building Moderate Muslim Network, pada Bab 5 tentang Road Map for Moderate Network Building in the Muslim World (Peta Jalan untuk Membangun Jaringan Moderat di Dunia Muslim). Menurut mereka, Muslim moderat adalah Muslim yang menerima gagasan Barat seperti demokrasi, HAM, pluralism, kesetaraan gender, dan hukum-hukum produk Barat.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Hanya dengan moderasi itulah, umat Islam bisa toleran terhadap kekufuran dan kemaksiatan. Dengan moderasi, kita didorong untuk mengucapkan selamat hari raya agama lain. Dengan dalih moderasi kita diminta menerima LGBT, seks bebas, minuman keras, dan peradaban Barat lainnya yang rusak. Jika tidak, kita dituduh sebagai radikal dan intoleran.

Sungguh ini adalah racun. Mereka ingin melucuti ajaran Islam dan menciptakan permusuhan kepada kaum Muslim yang ingin taat beragama, lalu menyetir umat agar tunduk pada peradaban Barat.

Inilah fitnah di depan mata kita. Tapi sayang ada sebagian tokoh Islam berdiri bersama mereka, membebek kepada Barat. Padahal Allah subhanahu wa taala telah berfirman:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menjadikan musuh-Ku dan musuh kalian sebagai teman-teman setia (TQS al-Mumtahanah [60]: 1). 

Oleh karena itu, waspadalah! Ingat kita punya teladan, yakni baginda Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Beliau mengajarkan kepada kita menjadi Muslim yang taat. Tidak pernah kita diajarkan menjadi Muslim moderat, iman pada sebagian ajaran Islam dan ingkar pada sebagian yang lain. 

Ingatlah celaan keras Allah subhanahu wa taala:  
اِنَّ الَّذِيْنَ يَكْفُرُوْنَ بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖ وَيُرِيْدُوْنَ اَنْ يُّفَرِّقُوْا بَيْنَ اللّٰهِ وَرُسُلِهٖ وَيَقُوْلُوْنَ نُؤْمِنُ بِبَعْضٍ وَّنَكْفُرُ بِبَعْضٍۙ وَّيُرِيْدُوْنَ اَنْ يَّتَّخِذُوْا بَيْنَ ذٰلِكَ سَبِيْلًاۙ
اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰفِرُوْنَ حَقًّا ۚوَاَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابًا مُّهِيْنًا
Sungguh orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasul-rasul-Nya bermaksud membedakan antara (keimanan kepada) Allah dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan, "Kami mengimani sebagian dan mengingkari sebagian (yang lain)." Mereka bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir). Merekalah kaum kafir yang sebenar-benarnya. Kami telah menyediakan untuk kaum kafir itu siksaan yang menghinakan (TQS an-Nisa [4]: 150-151). []

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم




KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar