Seribu Cara Menuju Solusi Islam


Oleh: Yuni Indawati (Lisma Bali)

Perubahan zaman selalu terjadi. Permasalahan kehidupan juga semakin beragam. Mirisnya, tak banyak yang menyadari bahwa sesungguhnya solusi yang ditawarkan telah ada sejak zaman Rasulullah. Inilah yang dialami kaum muslimin ketika mereka hanya melihat permasalahan di permukaan saja. Alhasil solusi yang diambil juga sebatas tambal sulam.

Sebagai hamba Allah SWT, maka diwajibkan bagi kaum muslim untuk taat kepada segala aturan yang diperintahkan dan senantiasa menjauhi segala laranganNya. Setiap ketaatan yang dimudahkan oleh Allah dan berlangsung secara kontinu, sudah menunjukkan bahwa Allah SWT telah ridha kepada hambanya. 

Setiap amal kebaikan yang dijalankan oleh seorang hamba, walaupun hanya sekadar niat, maka akan diganti dengan kebaikan-kebaikan yang lain, dimudahkan setiap urusannya, dan ditunjukkan dengan berbagai solusi kehidupannya. Bahkan di saat semua orang berkata tidak mungkin, tetapi pertolongan Allah sering datang dari arah yang tak disangka-sangka.

Bisa dilihat dari kisah-kisah perjuangan Rasulullah dan para sahabat. Banyak peristiwa penting seperti saat perang Badar atau perang Mu’tah, kecil sekali peluang menang. Tetapi di saat-saat terakhir, Allah datangkan bala tentaranya yang mampu meluluhlantakkan musuh. Itu karena mereka percaya dengan apa yang disampaikan Rasulullah tentang janji Allah yang akan meneguhkan kedudukan kaum muslim selama mereka siap sedia menolong agamaNya. 

Akan tetapi, kepercayaan itu mulai sirna sejak kaum muslimin termakan janji-janji Barat dan hidup dengan pola hidup yang serba instan. Bahkan untuk mengerti hakikat kehidupan yang abadi saja mereka tak mampu. Mereka telah lalai dari perintah-perintah Allah SWT. Alhasil, semakin hari semakin terpuruk kehidupannya. Berbagai macam persoalan seolah tiada solusinya. Ada saja yang menjadi korbannya.

Jika mau merenungi semua yang terjadi, hanya satu biang masalahnya yaitu ketika mulai menjauhi syariat Allah SWT dan bermudah-mudahan dalam mensolusikan masalah. Padahal di dalam kehidupan yang kompleks ini semua masalah pasti ada solusi mengakarnya supaya tidak tumbuh lagi masalah yang baru. Hanya solusi Islamlah yang dapat menyelesaikan semua permasalahan kehidupan ini.

Inilah bukti bahwa Islam mampu bersifat dinamis di seluruh zaman. Selalu bisa berjalan mengikuti perkembangan zaman dengan berbagai macam persoalan kehidupan. Semua bisa tersolusikan asal memakai empat sumber hukum di dalam Islam, yakni Al-Qur’an, as Sunnah, ijma’ sahabat, dan qiyas. Ingatlah, hanya dengan kembali kepada Allah saja semua masalah akan tersolusikan dengan mudah.

Wallahu a’lam bish showab.




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar