Ramadhan Bulan Berkah


Oleh: Nursiyah

Mungkin saat ini kita berada di penghujung bulan Sya'ban, maka sebentar lagi Ramadhan akan hadir. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan. Bulan Al Qur'an, bulan dibukanya pintu langit dan banyak pahala didalamnya,ditutuonya pintu neraka, dan dibelenggunya setan-setan didalamnya.

Di bulan Ramadhan pula Allah menurunkan satu malam, yang nilai ibadahnya lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Laitul Qadar. Pada malam itu semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Berbuat kebaikan, mencari pahala seperti tadarus Al Qur'an, mengisi malam-malamnya dengan bertaubat, berzikir, memohon ampunan Allah SWT, hingga para malaikat mengamini doa orang yang bermunajat kepada Allah SWT.

Tak lupa dalam menyambut Ramadhan kita harus mempersiapkan fisik agar selalu sehat dan kuat. Semoga bulan Ramadhan dapat membuat serta mencharge diri kita menjadi lebih baik. Untuk itulah kita harus mempersiapkan diri dengan persiapan yang terbaik. Karena berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus. Tapi juga menahan diri dari hawa nafsu. Apalagi kita lihat, walaupun dihimbau untuk tutup, warung-warung makan tetap saja ada yang buka di siang hari. Ini dapat membuat orang yang tidak terjaga hawa nafsunya dapat makan sesuka hatinya di siang hari pada bulan Ramadhan. Misal para pekerja yang dengan alasan capek, lelah, haus, tidak menjalankan ibadah puasa. Namanya juga bekerja, ya pasti capek dan lelah.

Ramadhan juga seharusnya diisi dengan ibadah. Misal tidak banyak tidur baik di siang dan malam hari, hingga Ramadhan berlalu sia-sia. Seharusnya Ramadhan kita jadikan madrasah untuk mendidik kita menjadi lebih baik lagi. Semoga Allah mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan dan bisa menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar