Pentingnya Adab dalam Islam


Oleh: Mami Bandung

Betapa pentingnya adab dalam Islam, sehingga kedudukannya pun lebih tinggi daripada ilmu. Adab dalam istilah memiliki arti kesopanan, keramahan, dan kehalusan budi pekerti. Adab erat kaitannya dengan akhlak atau perilaku terpuji. Para ahli bahasa juga banyak yang menyebutkan bahwa adab merupakan kepandaian dan ketepatan dalam mengurus segala sesuatu.

Sementara dalam Bahasa Arab, adab mengandung arti budi pekerti, tata krama atau sopan santun. Arti adab secara keseluruhan yaitu segala bentuk sikap perilaku atau tata cara hidup yang mencerminkan nilai-nilai sopan santun, kehalusan, kebaikan, budi pekerti atau akhlak. Para ulama Arab sudah banyak menggaungkan bahwa adab itu kedudukannya lebih tinggi daripada ilmu. Salah satunya disebutkan oleh Hadratusy Syech Hasyim Asy'ari dalam kitabnya yang berjudul Adab Al Alim wa Al Muta'allim.

Dalam Al Qur'an surah Al-Isra ayat 23, ada kata yang bunyinya "wa laa tanhar huma" yang artinya “janganlah engkau membentak mereka dengan perkataan yang keras”. Intinya, pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu. Senada dengan nasehat-nasehat diatas, Ibnu Al  Mubarok ra. juga mengatakan bahwa adab lebih tinggi daripada ilmu. Tulis buku antologi hadis Tarbawi, pesan-pesan Nabi Muhammad SAW tentang pendidikan oleh Anjali Sriwijbant.

Maka sudah jelas betapa pentingnya kita harus selalu menjaga adab. Adab terhadap orang tua, guru, teman, tetangga, bahkan orang yang usianya jauh di bawah kita (anak-anak). Sekalipun memberikan nasehat tentu harus dengan cara yang hanif (lemah lembut).

Sebagaimana Islam telah mengatur semuanya. Salam, senyum, sapa, sopan dan santun adalah contoh kecil yang harusnya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya sedikit dari kita yang paham tentang adab itu sendiri. Terkadang masih banyak orang yang masih mendahulukan ilmu daripada adab. Padahal, adab itu sendiri lebih tinggi kedudukannya daripada ilmu. Sebagaimana keterangan di atas, maka dahulukanlah adab sebelum ilmu. 

Adab tentu sangat penting bagi manusia, sebab adab merupakan salah satu bagian dari akhlak mulia yang kelak akan menuntut manusia untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menempatkan diri pada tempat maupun waktu tertentu. Kurangnya pengetahuan mengenai adab ini adalah salah satu dampak yang terjadi akibat sistem demokrasi kapitalisme. Dimana agama dipisahkan dari kehidupan sehingga mengakibatkan kurangnya pemahaman tentang agamanya sendiri. Adab sangatlah penting dalam kehidupan manusia karena menjadi tolak ukur baik buruknya seseorang. Derajat kemuliaan seseorang tidak hanya ditentukan oleh kedalaman dan keluasan ilmunya, tetapi juga bisa ditentukan oleh perilakunya.

Maka dari itu, mari kita sama-sama perbaiki adab kita, mulai dari kehidupan sehari-hari di lingkungan sendiri. Pointnya adalah orang beradab sudah pasti berilmu sedangkan orang berilmu belum tentu beradab.

Wallahu a'lam bishowab.




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar