KHUTBAH JUM'AT : BENAR, SALAM LINTAS AGAMA HARAM


KHUTBAH PERTAMA

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. 
أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ
 خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا،
وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.
اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا. أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى  
وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Segala puji bagi Allah Subhanahu wataala yang telah menganugerahkan kita nikmat iman dan Islam, serta mempertemukan kita di tempat yang diberkahi ini. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shollallohu 'alaihi wasallam, beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Pada 28-31 Mei 2024, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia dengan tema "Fatwa: Panduan Keagamaan untuk Kemaslahatan Umat". Acara ini diikuti oleh 654 peserta dari berbagai unsur dalam MUI, ormas Islam, dan para peneliti dari berbagai universitas. Salah satu keputusan penting adalah pelarangan penggabungan ajaran berbagai agama, termasuk salam lintas agama. Menurut MUI, mengucapkan salam merupakan doa yang bersifat ibadah, dan penggabungan salam lintas agama tidak dianggap sebagai bentuk toleransi yang benar.

Wasekjen MUI, Arif Fahrudin, menjelaskan bahwa fatwa ini didasari oleh prinsip proporsionalitas toleransi dalam Islam, yang tidak mengizinkan mencampuradukkan akidah dan ritual keagamaan. MUI menekankan bahwa larangan ini tidak berhubungan dengan toleransi antar agama, melainkan untuk menjaga kemurnian akidah umat Islam. Keputusan ini juga mengulang himbauan MUI Jawa Timur pada tahun 2019 untuk tidak melakukan salam lintas agama, demi menjaga kemurnian akidah umat Islam.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Salam lintas agama, seperti juga doa lintas agama, jelas haram. Hal ini karena mencampuradukkan ajaran Islam dengan agama lain (sinkretisme) dan mengandung unsur tasyabbuh bi al-kuffaar (menyerupai kaum kafir). Menyerupai kaum kafir dalam ibadah atau perilaku mereka, jelas haram bagi seorang Muslim, karena Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda:
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
"Siapa saja yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongan mereka" (Abu Dawud, Sunan Abii Daawud, 11/48).

Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam juga bersabda, "Bukan termasuk golongan kita (umat Islam) siapa saja yang menyerupai kaum selain kita. Janganlah kalian menyerupai kaum Yahudi maupun Nasrani. Sungguh salam kaum Yahudi adalah isyarat dengan jari-jemarinya, sementara salam orang Nasrani adalah isyarat dengan telapak tangannya" (An-Nasai, As-Sunan al-Kubraa, 6/92).

Kaum kafir, terutama Yahudi dan Nasrani, sebenarnya iri dengan salam umat Islam. Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda, "Tidaklah kaum Yahudi iri kepada kalian seperti mereka iri atas ucapan salam dan ucapan amin kalian" (Ibnu Majah, Sunan Ibni Maajah, 3/92).

Oleh karena itu, umat Islam seharusnya bangga dengan salam khas mereka, yaitu: Assalaamualaykum wa rahmatulLaahi wa barakaatuh, karena ini adalah salah satu keistimewaan yang hanya dimiliki oleh umat Islam. 

Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda, Sungguh Allah telah memberi aku tiga perkara yang tidak diberikan kepada salah seorang pun sebelum aku, yakni: shalat dalam shaf-shaf (shalat berjamaah); ucapan salam yang merupakan ucapan salam penduduk surga (yakni: assalaamualaykum); dan ucapan aamiin (Al-Baihaqi, Syuab al-Iimaan, 6/482). Para ulama generasi salaf, seperti Imam Ibnu Sirin rahimahulLaah, juga menekankan pentingnya menjaga salam khas umat Islam ini, sebagaimana dikisahkan dalam Tafsiir Ibni Abii Haatim (47/500).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Salam lintas agama adalah wujud dari toleransi yang kebablasan, karena selain haram dan tidak ada urgensinya, salam lintas agamasebagaimana doa lintas agamaadalah wujud dari toleransi ala pluralisme agama yang bertentangan dengan ajaran Islam. MUI dalam fatwanya No.7/MUNAS VII/MUI/11/2005 menyebutkan bahwa pluralisme agama adalah paham yang bertentangan dengan ajaran Islam, dan umat Islam haram mengikutinya. Pluralisme agama dianggap haram karena paham ini menganggap semua agama benar dan tidak boleh ada monopoli atas klaim kebenaran, termasuk oleh kaum Muslim. Allah Subhanahu wataala berfirman:
اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ
"Sungguh agama yang benar di sisi Allah hanyalah Islam" (TQS Ali Imran [3]: 19) 

dan firman-Nya :
وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ
"Siapa saja yang mencari agama selain Islam sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari dirinya dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi" (TQS Ali Imran [3]: 85).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Islam mengajarkan toleransi dengan adil tanpa mengorbankan prinsip akidah. Islam tidak memaksa orang non-Muslim untuk memeluk Islam (QS al-Baqarah [2]: 256). Orang non-Muslim bebas memeluk keyakinan mereka dan mengklaim kebenaran atas keyakinan mereka. Melalui dakwah yang argumentatif dan debat terbuka (QS an-Nahl [16]: 125), ditopang dengan penerapan Islam dalam seluruh aspek kehidupan maka banyak non-Muslim akhirnya meyakini kebenaran Islam dan memeluknya secara sukarela. Contoh nyata adalah ribuan orang Kristen di Irak yang masuk Islam melalui debat intelektual dengan Abu Hudzail al-'Allaf.

Islam menjunjung tinggi toleransi dan keadilan bagi semua, termasuk non-Muslim, melarang keras perbuatan zalim dan merampas hak-hak mereka (QS al-Mumtahanah [60]: 8). Sejarah menunjukkan praktik toleransi Islam selama ribuan tahun sejak masa Rasulullah Muhammad shollallohu alaihi wasallam hingga Kekhalifahan Islam, diakui oleh intelektual Barat seperti Will Durant dan T.W. Arnold. Umat Islam tidak membutuhkan pluralisme karena akidah dan syariah Islam sudah menjadi pegangan hidup yang cukup, menjadi sumber kebahagiaan di dunia dan akhirat. []
بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم



KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا
أَمَّا بَعْدُ؛ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ، وَقَالَ تَعاَلَى: 
إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي، وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَاللهِ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar