Pendidikan Tinggi Tinggalah Mimpi


Oleh: Eliyanti

Saat ini untuk mengenyam pendidikan tinggi hanyalah mimpi saja. Sebab pendidikan yang diimpikan oleh putra-putri bangsa ini sudah tak mampu dijangkau. Pasalnya untuk menjangkau pendidikan tinggi sebelum kenaikan UKT saja masih benar-benar membuat para orang tua gelisah. Demi melihat anak-anaknya mengenyam pendidikan tinggi itu harus benar-benar memeras keringat. Kerja siang malam bagai kuda. Siang dijadikan malam dan malam pun dijadikan siang. Bahkan nyaris usaha itupun belum memadai untuk menjangkau pendidikan tersebut.

Kini ditambah lagi dengan kenaikan UKT dari sejumlah kampus negeri seolah membuktikan bahwa masyarakat kecil memang tak pantas meraih impian yaitu mengenyam pendidikan tinggi. Keterbatasan biaya yang dimiliki menambah derita bagi putra-putri bangsa yang ingin sekolah lagi, tetapi justru mereka terancam putus sekolah karena ketidakmampuan membiayai UKT.

Lalu bagaimana negeri ini akan menjadi negeri yang maju jika generasinya saja tidak berilmu? Bagaimana negeri ini akan bangkit dari keterpurukan jika generasinya saja tidak bisa lepas dari keterpurukan? Sedih memang jika kita pikirkan nasib negeri dan generasi bangsa ini semakin lama semakin tak karuan.

Inilah cerminan bangsa yang mengadopsi sistem liberalisme, buah dari kapitalisme. Di mana sistem ini telah terbukti gagal dari segala arah dalam mengupayakan kemaslahatan terhadap rakyatnya. Sistem ini adalah sistem yang menyelesaikan masalah seperti halnya tambal sulam, jika satu sisinya di tambal, maka sisi lainnya akan terbuka. Inilah sistem yang dihasilkan dari akal manusia yang sifatnya terbatas.

Oleh karena itu, saat ini rakyat sudah seharusnya membuka mata dan melihat bahwasannya dari sistem ini hanya akan memproduksi pejabat yang rakus akan harta dan kekuasaan. Sistem ini juga akan mencetak generasi-generasi yang haus akan pangkat dan jabatan. Pendidikan tinggi hanya untuk legalitas ijazah dan sebagai batu loncatan untuk menduduki pangkat  tertentu. Tentunya akan berdampak buruk terhadap negeri yang kita cintai ini.

Sangat berbeda sekali dengan sistem Islam, di mana Islam akan memberikan fasilitas sekolah terbaik bagi rakyatnya dengan gratis. Tidak hanya itu saja, tetapi juga fasilitas kesehatan gratis dan masih banyak lagi fasilitas umum lainnya yang akan didapat rakyat dengan gratis. Agar tercipta generasi bangsa terbaik dan berkualitas karena dengan generasi terbaik dan berkualitas akan menghasilkan masyarakat yang berkualitas juga. Dari merekalah muncul generasi yang akan membantu kemajuan negaranya dengan ikhlas dan akan membantu semaksimal mungkin untuk kebangkitan negaranya. Dengan sistem Islam kaffah inilah akan tercapai kemaslahatan untuk rakyat. Wallahu a’lam bishawab




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar