Remaja Bawa Ganja Sintetis, Nasib Generasi Kian Kritis


Oleh: Syafa (Santriwati Ponpes Nida Al-Haar)

Beberapa waktu lalu dikabarkan ada pemuda yang membawa 34 bungkus klip yang berisi ganja sintetis atau sinte. Para pemuda saat ini ternyata ada juga yang tidak menyadari bahaya dari konsumsi ganja sintetis, yaitu ketergantungan yang tinggi. Sinte adalah zat kimia berbahaya jenis narkotika. Jenis narkotika ini cukup terkenal di kalangan anak muda zaman now karena harganya yang murah dan mudah ditemukan, sehingga banyak yang mengkonsumsinya. Padahal larangan penggunaannya telah diatur dalam UU Narkotika di tahun 2021. 

Bahaya tentang penggunaan ataupun peredaran narkoba tidak dihiraukan oleh para pemuda, sehingga selain sebagai pengguna ada juga yang sebagai pengedar. Demi mendapat cuan yang banyak, para pemuda tergiur untuk ikut menjualnya. Akhirnya bisnis haram pun dijalani tanpa juga memikirkan efeknya terhadap orang lain.

Dalam Islam, tugas negara adalah sebagai pelindung dan pengayom. Ketika banyak generasi muda yang terjebak dalam aktivitas yang haram, maka negara harus memberikan solusi yang mendasar agar mereka bisa lepas dan terhindar dari hal yang berbahaya dan haram tersebut. Semisal, aktivitas pembinaan tsaqofah dan kepribadian Islam, pekerjaan yang halal, pendidikan berkualitas gratis, dan lain sebagainya. Semoga segera tegak sistem Islam yang akan membentuk para pemuda menjadi generasi khoiru ummah. Wallahu a'lam bishshawab




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar