Utang Negara Kok ditanggung Rakyat?


Oleh: Mami Bandung 

Banyaknya proyek yang sedang atau sudah digarap oleh pemerintah Indonesia, seperti proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang katanya sudah rampung dan sudah mulai beroperasi, proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini masih terus dikebut pengerjaannya, ditambah lagi banyak pembangunan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata proyek-proyek ini membuat negara terus berutang kepada negara asing. Salah satunya utang kepada China.

Selain China, Indonesia juga menjalin kerja sama dengan Arab Saudi. Seperti yang dikutip CNN Indonesia pada April 2024, "Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan I 2024 menurun. Posisi ULN Indonesia pada triwulan I 2024 tercatat sebesar 403,9 miliar dolar AS, turun dibandingkan dengan posisi ULN pada triwulan IV 2023 yang sebesar 408,5 miliar dolar AS".

Untuk melunasi utang yang nilainya tidak sedikit, pemerintah Indonesia mulai mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat. Diantaranya yang sedang menjadi sorotan adalah Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat). Tapera dikemas sedemikian rupa seolah-olah pemerintah peduli dan memikirkan rakyatnya. Padahal, sejatinya pemerintah hanya memikirkan bagaimana caranya mengambil upeti atau pajak. Saat ini, kita hidup dalam bayang-bayang rezim yang menindas, pajak tinggi, korupsi merajalela, dan aset bangsa ini tergadai. Semua itu demi kepentingan para penguasa, sehingga rakyat dipaksa hidup dalam ketakutan dan kemiskinan.

Parahnya lagi rakyat seolah-olah tidak sadar sudah dibuat seperti sapi perah. Miris sekali memang, namun itulah yang terjadi. Negara yang berutang tapi rakyat yang harus menanggung beban. Pemerintah terus menerus membodohi rakyat.

Tentunya semua ini terjadi karena sistem yang digunakan saat ini. Negara kita masih menggunakan sistem demokrasi kapitalis yang diusung oleh Barat. Rakyat harus mulai membuka mata, dan pikiran. Jangan hanya diam dan mau dizalimi.

Solusi yang terbaik untuk saat ini adalah, rakyat harus bersatu memerangi kezaliman ini. Islam adalah satu-satunya solusi, Islam adalah solusi bagi seluruh umat. Karena Islam itu Rahmatan Lil 'Alamin. Disinilah betapa pentingnya kita harus belajar dan mengetahui Islam itu secara menyeluruh. Islam mempunyai sistem pemerintahan yang bernama Khilafah. Yang dengannya aturan Islam dapat ditegakkan dengan sempurna. Wallahu a'lam bish showab.




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar