KHUTBAH JUM'AT : HANYA SISTEM PENDIDIKAN ISLAM YANG MAMPU MELAHIRKAN GENERASI EMAS


KHUTBAH PERTAMA

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. 
أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا،
وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.
اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، 
 وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ  إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا. 
أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى : 
وَاَنَّ هٰذَا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًا فَاتَّبِعُوْهُ ۚوَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيْلِهٖ ۗذٰلِكُمْ وَصّٰىكُمْ بِهٖ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ


Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah menganugerahkan kita nikmat iman dan Islam, serta mempertemukan kita di tempat yang diberkahi ini. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Miris, akhir-akhir ini tindak kriminal yang melibatkan remaja dan anak di bawah umur terus meningkat dengan keterlibatan mereka dalam kejahatan serius seperti pembunuhan, penganiayaan, pencurian, hingga pemerkosaan. Data Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham menunjukkan bahwa pada Agustus 2023 tercatat 2.000 anak berkonflik dengan hukum, di mana 1.467 anak berstatus tahanan dan 526 sebagai narapidana. Contoh kasus terkini adalah pemerkosaan dan pembunuhan siswi SMP di Palembang oleh empat remaja di bawah 18 tahun.

Peningkatan tindak kriminal remaja ini menunjukkan kegagalan sistem pendidikan sekuler dalam membentuk generasi yang beriman dan bertakwa. Sekulerisme, yang memisahkan agama dari kehidupan publik termasuk pendidikan, telah mengabaikan peran agama dalam mengendalikan moralitas remaja. Tanpa penanaman keimanan dan ketakwaan yang kuat, remaja menjadi rentan terhadap pengaruh negatif lingkungan, yang mengakibatkan peningkatan perilaku kriminal di kalangan mereka.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, seperti yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orangtuanyalah yang menjadikan dirinya Yahudi, Nasrani, atau Majusi" (HR al-Bukhari dan Muslim). Fitrah ini adalah kecenderungan kepada tauhid dan agama Islam, namun lingkungan sekuler yang mendominasi rumah, sekolah, dan masyarakat sering kali mematikan fitrah tersebut. Allah Subhanahu wa Ta'ala juga berfirman:
فَاَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّيْنِ حَنِيْفًاۗ فِطْرَتَ اللّٰهِ الَّتِيْ فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَاۗ لَا تَبْدِيْلَ لِخَلْقِ اللّٰهِ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُۙ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَۙ
Hadapkanlah wajahmu dengan lurus pada agama Allah. Tetaplah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. Itulah agama yang lurus. Namun, kebanyakan manusia tidak mengetahui (TQS ar-Rum [30]: 30). 

Ayat ini mengingatkan bahwa fitrah manusia adalah Islam, tetapi lingkungan yang tidak Islami menjauhkan mereka dari ajaran agama.

Sistem pendidikan sekuler yang diadopsi di negeri ini telah gagal menjaga fitrah anak-anak. Pendidikan sekuler mengabaikan peran agama, sehingga pelajar tidak dibekali dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat. Akibatnya, banyak remaja terjerumus dalam perilaku amoral dan kriminal, seperti kasus pornografi, seks bebas, narkoba, dan tawuran. Lingkungan sosial yang jauh dari nilai-nilai Islami, maraknya perjudian, prostitusi, dan pergaulan bebas semakin memperburuk kondisi ini, memperkuat pengaruh negatif pada generasi muda.

Dominasi sistem pendidikan sekuler adalah malapetaka besar bagi generasi Muslim. Pendidikan yang hanya fokus pada orientasi duniawi tanpa mempertimbangkan tujuan ukhrawi melahirkan generasi yang sekularistik dan rentan terhadap kejahatan. Tanpa perubahan yang mendasar, generasi yang kehilangan fitrah dan nilai-nilai agama akan terus bermunculan, memperparah masalah kriminalitas di kalangan remaja.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Sistem pendidikan Islam didasarkan pada prinsip-prinsip ajaran Islam dengan tujuan membentuk kepribadian Islami (asy-syakhshiyyah al-islaamiyyah) melalui pola pikir dan pola sikap yang sesuai dengan syariat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai sistem ini dengan mengajarkan hukum-hukum Islam kepada semua lapisan masyarakat tanpa membedakan usia atau jenis kelamin. Selain ilmu agama, Islam juga mendorong umatnya untuk mempelajari ilmu pengetahuan umum, seperti sains dan teknologi, untuk kemaslahatan umat. Hasilnya adalah generasi emas yang cerdas dan shalih dari sisi intelektualitas maupun spiritualitas.

Dalam pandangan Islam, pendidikan tidak hanya sebagai sarana transfer ilmu, tetapi juga pembentukan kepribadian Islami. Pola pikir Islami berkaitan dengan pemahaman terhadap hukum-hukum Islam, sementara pola sikap Islami menyangkut perilaku yang sesuai dengan hukum Islam di berbagai aspek kehidupan. 

Oleh karena itu, pendidikan Islam harus melibatkan keluarga, pemerintah, dan masyarakat secara sinergis dalam membentuk generasi berkepribadian Islami. Pemerintah juga memiliki tanggung jawab untuk menerapkan sistem pendidikan Islam serta menegakkan hukum sesuai dengan ketetapan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sejarah mencatat bahwa sistem pendidikan Islam yang diterapkan di masa kepemimpinan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khulafaur Rasyidin hingga era Kekhilafahan berhasil melahirkan generasi emas yang unggul dalam agama dan ilmu dunia. 

Sistem ini mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu dunia untuk menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga beriman dan bertakwa. Hanya dengan kembali pada sistem Islam, termasuk sistem pendidikan Islam, akan lahir generasi yang beriman, cerdas, dan berprestasi. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
وَاَنَّ هٰذَا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًا فَاتَّبِعُوْهُ ۚوَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيْلِهٖ ۗذٰلِكُمْ وَصّٰىكُمْ بِهٖ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ
Inilah jalanku yang lurus (yakni Islam). Karena itu ikutilah jalan itu dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan lain yang bisa mengakibatkan kalian tercerai-berai dari jalan-Nya. Yang demikian Allah perintahkan kepada kalian agar kalian bertakwa (TQS al-An’am [6]: 153).
WalLaahu a’lam bi ash-shawaab. []


بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم





KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا
أَمَّا بَعْدُ؛ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ، وَقَالَ تَعاَلَى: 
إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي، وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَاللهِ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar