KHUTBAH JUM'AT : PEMERINTAHAN BARU: HARAPAN BARU?


KHUTBAH PERTAMA

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. 
أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ
خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا،
وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.
اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا،
وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا. 
أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى : 
وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah menganugerahkan kita nikmat iman dan Islam, serta mempertemukan kita di tempat yang diberkahi ini. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Rezim pemerintahan Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024, digantikan oleh pemerintahan baru di bawah Presiden Prabowo Subianto. Meskipun banyak harapan ditujukan kepada pemerintah dan DPR baru, banyak yang pesimis karena sistem demokrasi-kapitalisme sekuler yang tetap dipertahankan. Sistem ini dianggap gagal dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, yang menyebabkan ketidakmampuan untuk menerapkan syariah Islam secara kaaffah. Sebagian besar anggota DPR baru, termasuk Puan Maharani sebagai ketua kembali, terhubung dengan politik dinasti dan berlatar belakang pengusaha, menimbulkan keraguan akan perubahan signifikan.

Tantangan ekonomi besar diwariskan oleh rezim Jokowi, termasuk kemiskinan yang mencapai 25,22 juta orang per Maret 2024 dengan garis kemiskinan Rp 582.932 per kapita per bulan. Jika menggunakan standar Bank Dunia sebesar US$3 per hari, jumlah orang miskin bisa mencapai 40% dari populasi Indonesia. Masalah ekonomi lain yang dihadapi pemerintahan baru meliputi angka pengangguran, pajak yang meningkat, daya beli menurun, serta dominasi sumber daya alam oleh segelintir pihak, termasuk asing, yang kian memperberat beban ekonomi negara.

Di bidang politik, Prabowo menghadapi tantangan dengan koalisi gemuk di parlemen, di mana Partai Gerindra hanya menguasai 14% suara. Konflik kepentingan dalam koalisi ini berpotensi menghambat niat untuk mensejahterakan rakyat, sementara kekuasaan oligarki terus mencengkeram sektor strategis ekonomi dan politik. Kondisi ini diperparah dengan persoalan hukum, sosial, dan pendidikan yang semakin rumit, menunjukkan tantangan besar bagi pemerintahan Prabowo.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Di dalam Islam, kekuasaan hakikatnya adalah amanah. Amanah kekuasaan ini bisa menjadi beban pemangkunya di dunia sekaligus bisa mendatangkan siksa bagi dirinya di akhirat. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
أَوَّلُ الإِمَارَةِ مَلامَةٌ، وَثَانِيهَا نَدَامَةٌ، وَثَالِثُهَا عَذَابٌ مِنَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، إِلا مَنْ رَحِمَ وَعَدَلَ
Kepemimpinan itu awalnya bisa mendatangkan cacian, kedua bisa berubah menjadi penyesalan dan ketiga bisa mengundang azab dari Allah pada Hari Kiamat; kecuali orang yang memimpin dengan kasih sayang dan adil (HR ath-Thabarani).

Pemimpin yang penuh kasih sayang memudahkan urusan rakyat dan tidak menakut-nakuti mereka, sedangkan keadilan pemimpin ditunjukkan dengan menegakkan syariah Islam. Tanpa penerapan syariah Islam, pemimpin berpotensi menjadi zalim dan fasik (QS al-Maidah [5]: 45, 47). Nabi Shallallahu alaihi wa sallam juga memperingatkan bahwa pemimpin yang menipu rakyatnya akan diharamkan dari surga.
مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيهِ اللهُ رَعِيَّةً، يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ، إِلَّا حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ
Tidaklah seorang hamba—yang Allah beri wewenang untuk mengatur rakyat—mati pada hari dia mati, sementara dia dalam kondisi menipu rakyatnya, melainkan Allah mengharamkan surga bagi dirinya surga (HR al-Bukhari)

Kekuasaan dalam Islam harus dijalankan berdasarkan agama. Imam al-Ghazali menegaskan bahwa agama adalah pondasi, dan kekuasaan adalah penjaganya. Tanpa agama, kekuasaan akan runtuh, dan tanpa kekuasaan, agama akan hilang. Imam ar-Razi menyatakan bahwa kekuasaan yang bersanding dengan agama menghilangkan keburukan dunia (Mafaatiih al-Ghayb, 3/424). Oleh karena itu, kekuasaan harus berorientasi pada penegakan Islam dan pelayanan masyarakat, baik Muslim maupun non-Muslim.

Penerapan syariah Islam secara total hanya mungkin terwujud dalam pemerintahan Khilafah Islam, bukan dalam sistem demokrasi atau lainnya yang anti syariah. Khilafah Islam akan mengatur urusan rakyat dengan syariah, menjamin kebutuhan hidup, pendidikan, kesehatan, dan melindungi kehormatan, harta, serta jiwa seluruh warganya. Sistem ini akan memastikan keadilan dan kemaslahatan bagi semua warga tanpa diskriminasi.

Khalifah juga akan mengelola sumberdaya alam milik rakyat agar bermanfaat bagi semuanya dan tidak dikuasai oleh swasta atau asing. Selain itu, Khilafah akan menjaga urusan agama dan menegakkan hudûd untuk melindungi masyarakat. Khilafah juga akan menyebarkan risalah Islam ke seluruh dunia dan memimpin jihad demi menyelamatkan kaum Muslim yang tertindas di berbagai negeri seperti Palestina, Xinjiang, dan Myanmar.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,
Alhasil, mau tidak mau, untuk mencapai kemajuan, kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran, bangsa ini tidak hanya membutuhkan rezim baru, tetapi juga sistem pemerintahan baru, yakni sistem pemerintahan Islam. Sejahtera hanya bisa terwujud dengan mengamalkan dan menerapkan syariah Islam secara kaaffah, yang merupakan wujud ketakwaan hakiki. Ketakwaan inilah yang mendatangkan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran (QS al-Araf [7]: 96). Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki juga menegaskan, andai umat Islam saat ini menerapkan syariah sebagaimana generasi pendahulu, mereka akan menjadi umat yang paling maju dan bahagia.

Pengamalan syariah Islam secara kaaffah telah dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam saat mendirikan Negara Islam di Madinah, kemudian dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin dan para khalifah selanjutnya melalui Khilafah Islam. Hanya dengan menerapkan syariah Islam dalam seluruh aspek kehidupan, umat Islam akan meraih kesejahteraan dan keadilan yang hakiki.
WalLaahu alam bi ash-shawaab. []

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم





KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا أَمَّا بَعْدُ؛ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ، وَقَالَ تَعاَلَى: إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ، وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ، أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي، وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ، وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ، وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ، وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ، وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَاللهِ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ




Penulis bertanggung jawab atas segala sesuatu di tiap-tiap bagian tulisannya. Dengan begitu, ia jugalah yang akan menanggung risiko apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian.

Posting Komentar

0 Komentar